HOME PROFILE TYPE ARTIKEL CASH DAN KREDIT CONTACT US
    Cari Produk:   
DEALER PAJERO DAKAR  
PAJERO GLX 4x4  
PAJERO EXCEED 
DEALER OUTLANDER PX  
Dealer OUTLANDER GLS  
SHOWROOM OUTLANDER GLX 
MIRAGE GLS SPORT 
MIRAGE EXCEED 
MIRAGE GLX MANUAL 
DEALER L300  
STRADA TRITON  
PICK UP T120 SS  
COLT DIESEL 
FUSO 
OUTLANDER PX  
XPANDER SPORT 
XPANDER EXCEED AT 
KREDIT DP MURAH L300 
KREDIT L300 
PAKET KREDIT L300  
Harga Pajero 
PAJERO DAKAR ULTIMATE 
XPANDER ULTIMATE 
XPANDER GLX MANUAL 
XPANDER GLX  
XPANDER GLS MANUAL 
XPANDER GLS MT 
XPANDER EXCEED MANUAL 
Flag Counter



, aditif MTBE sudah dilarang penggunaannya di Amerika Serikat karena dapat mencemari air tanah dan pada konsentrasi tinggi bersifat karsinogenik.

Jakarta - Cara paling mudah untuk meningkatkan oktan bahan bakar adalah dengan menggunakan aditif bahan bakar. Namun, penggunaan aditif ini patut diperhatikan karena akan berpengaruh pada lingkungan dan kesehatan.

Peningkatan angka oktan bensin selain dapat dilakukan dengan proses pengolahannya di kilang, juga dapat dilakukan dengan penambahan aditif yang antara lain terdiri dari Aditif organometalic (TEL, MMT dll), Oksigenat (MTBE, TAME dll), dan Komponen blending (HOMC).

Selain memperhatikan kualitas dan kuantitas dari produk BBM yang dihasilkan, hal yang perlu dipertimbangkan adalah permasalahan dampak lingkungan dan efek-efek kesehatan yang disebabkan oleh penggunaan aditif.

Nah, masalahnya, meski saat ini belum ada peraturan baku terkait aditif ini, saat ini, aditif MTBE sudah dilarang penggunaannya di Amerika Serikat karena dapat mencemari air tanah dan pada konsentrasi tinggi bersifat karsinogenik.

Selain mengganggu kesehatan, aditif ternyata juga dapat merusak mesin kendaraan terutama aditif yang dibuat dari senyawa berbasis logam misalnya MMT (metilsiklopentadienil manganese tricarbonil) dan Ferrocene (disiklopentadienil iron).

Aditif MMT diketahui juga dapat dapat mengganggu sistem pengapian, sensor oksigen, konverter dan deposit pada dinding silinder. Batas pemakaian aditif MMT di Amerika dan Kanada adalah 8,2 mg/L bensin.

Sementara aditif Ferrocene sangat dibatasi penggunaannya terutama di Amerika karena merupakan logam berat dan pada aplikasinya dapat mengikis ring piston, silinder dan gangguan pengapian.

"Jadi ada banyak yang harus diperhatikan," kata peneliti di Lemigas Lies Aisyah di Forum Kajian Industri Nasional 'Penggunaan Octane Enhancer Non Oxygenate Dalam Bahan Bakar Bensin' di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (3/7/2013).

(syu/ddn)

 

 
BINA DIRGAHAYU@2012 | created by Moro Sakato | rss | KKM | KKM | KKM
... Copyright by Moro Sakato showroom mobil honda, showroom mobil honda bekasi, jual mobil honda