HOME PROFILE TYPE ARTIKEL CASH DAN KREDIT CONTACT US
    Cari Produk:   
DEALER PAJERO DAKAR  
PAJERO GLX 4x4  
PAJERO EXCEED 
DEALER OUTLANDER PX  
Dealer OUTLANDER GLS  
SHOWROOM OUTLANDER GLX 
MIRAGE GLS SPORT 
MIRAGE EXCEED 
MIRAGE GLX MANUAL 
DEALER L300  
STRADA TRITON  
PICK UP T120 SS  
COLT DIESEL 
FUSO 
OUTLANDER PX  
XPANDER SPORT 
XPANDER EXCEED AT 
KREDIT DP MURAH L300 
KREDIT L300 
PAKET KREDIT L300  
Harga Pajero 
PAJERO DAKAR ULTIMATE 
XPANDER ULTIMATE 
XPANDER GLX MANUAL 
XPANDER GLX  
XPANDER GLS MANUAL 
XPANDER GLS MT 
XPANDER EXCEED MANUAL 
Flag Counter



Bangsa Amerika terkenal sebagai masyarakat yang suka berkendara. Dengan jalan yang sangat lebar-lebar, masyarakat kian dimanjakan.

Jakarta - Bangsa Amerika terkenal sebagai masyarakat yang suka berkendara. Dengan jalan yang sangat lebar-lebar, masyarakat kian dimanjakan.

Sambil mengendarai sebuah crossover Nissan Murano detikOto menelusuri jalanan Amerika didampingi beberapa rekan media nasional lainnya di sekitar Irvine, California.

Memang sedikit agak 'kagok' di awal karena mengendarai dengan setir kiri, tetapi lama kelamaan bisa menikmati jalanan Amerika yang mulus.

Tidak ada kemacetan yang terlalu berarti ketika mobil menyusuri jalan tol, di hari Rabu (11/9/2013) lalu.

Jika tidak ada larangan ngebut di 65 mil per jam, atau sekitar 104 km per jam, mobil bisa saja Anda ajak ngebut di sini.

Kadang di beberapa ruas tertentu ada lajur carpool di paling kiri, lajur ini khusus untuk kendaraan yang memiliki 2 penumpang atau lebih. Jadi bisa lebih cepat lagi.

Namun tidak seperti di Indonesia yang acapkali terlihat pengendara yang ugal-ugalan di jalanan, pengendara di sini terlihat lebih sopan dan selalu mematuhi aturan.

Jika menemui persimpangan tanpa lampu lalu lintas, semua pengendara berhenti untuk memberi kesempatan pada pengendara lain. Seperti sudah menjadi norma yang wajib dipatuhi.

Apalagi ketika melaju di jalanan luar kota yang agak sempit dan hanya menyisakan satu lajur, pengendara sabar saja menanti meski kendaraan di depan melaju lebih lambat.

Bayar tolnya pun gampang,pengendara bisa memilih, mau pakai tunai ataupun secara otomatis.

Otomatisnya benar-benar otomatis karena kita langsung saja melaju tanpa harus melewati gerbang seperti gardu tol otomatis di jalan tol Indonesia.

Di sini ada sistem FasTrak namanya yang merupakan sistem pembayaran tol secara elektronik. Sistem ini membuat kita tidak harus mampir di gerbang tol.

Sistem FasTrak ini ada 3 komponen, ada pembaca toll tag yang disimpan di kendaraan (biasanya di dekat kaca depan), antena di badan jalan tol, yang membaca setiap kendaraan yang lewat dan terakhir yang penting sebuah kamera video untuk mencegah pengendara yang curang.

Ketika mobil melaju di FasTrak ini ada bunyi 'tit..tit' yang menandakan FasTrak sudah mencatat penggunaan tol Anda.

Nantinya FasTrak akan mengirimkan billing statement kepada konsumen lewat surat atau email mengenai penggunaan tol. Berapa tarifnya?

"Kalau saya setiap bulan sekitar US$ 60 (sekitar Rp 680.000)," ujar Ellie, salah seorang warga California.

Hmm, tidak terlalu jauh bedanya dengan biaya yang harus dikeluarkan detikOto untuk menempuh perjalanan dari rumah ke kantor di kawasan Warung Buncit, Jakarta Selatan.

Namun Ellie menuturkan tidak semua tarif jalan sama, ada yang sekali masuk US$ 5 atau bahkan gratis (freeway). "Yang gratis dibayar dari pajak kita," ujarnya. Ah asyiknya...

(ddn/ikh)

 

 
BINA DIRGAHAYU@2012 | created by Moro Sakato | rss | KKM | KKM | KKM
... Copyright by Moro Sakato showroom mobil honda, showroom mobil honda bekasi, jual mobil honda