HOME PROFILE TYPE ARTIKEL CASH DAN KREDIT CONTACT US
    Cari Produk:   
DEALER PAJERO DAKAR  
PAJERO GLX 4x4  
PAJERO EXCEED 
DEALER OUTLANDER PX  
Dealer OUTLANDER GLS  
SHOWROOM OUTLANDER GLX 
MIRAGE GLS SPORT 
MIRAGE EXCEED 
MIRAGE GLX MANUAL 
DEALER L300  
STRADA TRITON  
PICK UP T120 SS  
COLT DIESEL 
FUSO 
OUTLANDER PX  
DEALER EXPANDER 
EXPANDER 
KREDIT DP MURAH L300 
KREDIT L300 
PAKET KREDIT L300  
Harga Pajero 
PAJERO DAKAR ULTIMATE 
EXPANDER 
Flag Counter



Rencana pemerintah untuk menaikkan Pajak Penjualan Barang Mewah

Rencana pemerintah untuk menaikkan Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) kendaraan Completely Built Up (CBU) membuat gerah importir mobil. Ferrari mengatakan kalau kebijakan ini bakal mempersempit ruang gerak mereka.

Rencana kenaikan pajak itu sendiri disampaikan oleh Menko Perekonomian Hatta Rajasa di Istana Negara hari ini. Hal itu dimaksudkan sebagai upaya untuk memperbaiki defisit neraca transaksi berjalan.

Saat ini PPnBM kendaraan CBU saja sudah mencapai 75%, pemerintah pun menaikkannya menjadi antara 125%-150%.

"Ini sama saja memperkecil ruang gerak importir mobil CBU. Dengan kondisi ini saja, sudah tidak enteng. Gimana dinaikkan, otomatis jadi makin berat. Kecuali ada kompensasi lain yang mau diberikan pemerintah," kata Presiden Director PT Surya Sejahtera Otomotif yang merupakan agen resmi Ferrari di Indonesia, Irmawan Poedjoadi.

Dia mengatakan kalau kebijakan ini benar dilaksanakan, maka pemerintah seperti tidak berpihak pada pengusaha. Padahal, lanjutnya, pemerintah seharusnya menciptakan iklim usaha yang sehat.

Terlebih, jumlah penjualan kendaraan CBU di Indonesia tidaklah sebesar kendaraan-kendaraan produksi massal lain. Dari total 1 juta mobil yang terjual tahun lalu, angka penjualan mobil CBU memang hanya sekitar 1 persen saja.

"Berapa sih penjualan mobil CBU, coba bandingkan dengan mobil lain. Tidak signifikan karena kecil sekali," lugasnya.

Kebijakan ini menurutnya akan banyak memberikan efek. Harga kemungkinan akan naik, sementara target penjualan bisa jadi direvisi.

"Kalau itu dilaksanakan, otomatis harga naik. Untuk target juga harus kita kalkulasi ulang," ujarnya.

Sementara itu Chief Operating Officer PT Artha Auto yang merupakan agen resmi Lamborghini di Indonesia, Endy Kusumo mengatakan kalau kebijakan ini pasti akan memberi efek ke industri.

Kebijakan ini, lanjut Endy, akan berimbas ke banyak sektor. Pasar akan berpengaruh dan daya beli akan jadi semakin berkurang. Padahal harga mobil CBU saat ini saja sudah tidak murah.

 

 
BINA DIRGAHAYU@2012 | created by Moro Sakato | rss | KKM | KKM | KKM
... Copyright by Moro Sakato showroom mobil honda, showroom mobil honda bekasi, jual mobil honda