HOME PROFILE TYPE ARTIKEL CASH DAN KREDIT CONTACT US
    Cari Produk:   
DEALER PAJERO DAKAR  
PAJERO GLX 4x4  
PAJERO EXCEED 
DEALER OUTLANDER PX  
Dealer OUTLANDER GLS  
SHOWROOM OUTLANDER GLX 
MIRAGE GLS SPORT 
MIRAGE EXCEED 
MIRAGE GLX MANUAL 
DEALER L300  
STRADA TRITON  
PICK UP T120 SS  
COLT DIESEL 
FUSO 
OUTLANDER PX  
DEALER EXPANDER 
EXPANDER 
KREDIT DP MURAH L300 
KREDIT L300 
PAKET KREDIT L300  
Harga Pajero 
PAJERO DAKAR ULTIMATE 
EXPANDER 
Flag Counter



Mobil Jalanan Bertenaga Surya Pertama di Dunia

Jakarta - Meski tidak seperti Amerika Serikat, Jerman, Inggris, Jepang atau Italia yang menjadi kiblat industri otomotif dunia, Belanda tidak mau kalah. Sebuah mobil bertenaga matahari lahir di negeri ini.

Berbicara mengenai otomotif, sangat jarang negeri ini tersebut. Namun, bukan berarti Belanda tidak membuat kemajuan di industri ini.

Sekelompok peneliti dari Belanda berhasil menciptakan mobil bernama Stella yang mampu berjalan 675,9 km di cuaca cerah. Bila kondisi mendung atau gelap, mobil ini juga masih bisa melaju sejauh 402,3 km.

Memiliki kabin yang cukup untuk empat orang dewasa, mobil ini mengaplikasi panel surya besar di atap mobil. Dengan panel surya ini Stella mampu berjalan dua kali lipat lebih jauh dari mobil listrik standar.

Uniknya lagi, mobil ini mengaplikasi bahan yang ringan seperti aluminium dan serat karbon untuk membuatnya hanya berbobot 380 kg, atau 1 ton lebih ringan dari mobil listrik kebanyakan.

Manajer Tim Lex Hoefsloot dari Eindhoven University of Technology kalau energi surya adalah potensi besar yang belum tergarap di industri transportasi. Padahal ada 10 dari 12 bulan dimana matahari bisa memberi energi.

Hoefsloot mengatakan kalau mobil ini tidak hanya akan sekedar menjadi mobil konsep semata, tapi akan digunakan sehari-hari oleh mereka. Karena pemerintah Belanda dikabarkan akan memberi pelat nomor resmi untuk mobil ini.

"Solar panel adalah solusi untuk masa depan yang berkelanjutan," katanya di Daily Mail.

"Mobil masih mahal karena merupakan prototipe dan itu buatan tangan, tetapi ketika produksi sudah ditingkatkan, mobil bisa sama terjangkau sebagai mobil keluarga yang normal. Sel-sel surya di atap mobil biayanya hanya 2.600 pounds (Rp 41,8 jutaan)," tambahnya.

"Desain masa depan kami akan fokus pada pembuatan mobil yang lebih nyaman, praktis dan hemat energi, sehingga pada akhirnya orang memiliki perasaan bahwa mereka bisa membeli mobil serupa di dealer," lugasnya.

(syu/ddn)

 

 
BINA DIRGAHAYU@2012 | created by Moro Sakato | rss | KKM | KKM | KKM
... Copyright by Moro Sakato showroom mobil honda, showroom mobil honda bekasi, jual mobil honda